Maret 2, 2024

Duduk Hening Cahaya

Setiap pagi siswa siswi TK Insan Teratai setelah berdoa bersama selalu melakukan kegiatan yang kami biasa sebut “Duduk Hening Cahaya”. Duduk hening merupakan salah satu dari teknik pembelajaran pendidikan karakter yang ada di Sekolah Insan Teratai. Kegiatan merupakan suatu cara yang kami gunakan untuk melatih konsentrasi siswa. Melalui duduk hening kami melatih siswa untuk mendisiplinkan pikiran mereka sehingga pikiran menjadi tenang. Pikiran yang tenang akan mudah untuk berkonsentrasi, sedangkan konsentrasi sangat dibutuhkan oleh seorang pelajar agar lebih mudah menangkap dan menyerap pelajaran.

Melalui duduk hening ini kami juga menanamkan secara sadar kepada siswa siswi kami untuk menggunakan panca inderanya untuk tujuan yang baik. Kami berharap melalui duduk hening ini kami siswa siswi kami bukan hanya menjadi seorang anak yang pintar karena mempunyai konsentrasi yang bagus dalam belajar tetapi juga mempunyai budi pekerti yang baik .

Oleh karena itu duduk hening adalah latihan yang penting buat anak di sekolah kami. Hal ini memberikan kesempatan kepada mereka untuk menutup mata, menenangkan kegiatan badan dan belajar mendengarkan pikiran-pikiran mereka. Hal ini juga persiapan yang bagus buat siswa untuk menyiapkan diri mereka untuk berkonsentrasi pada pelajaran yang akan diikuti.

Keuntungan duduk hening:

  • – Konsentrasi lebih
  • – Meningkatkan daya ingat
  • – Perasaan damai
  • – Bekerja lebih efisien
  • – Pengendalian diri
  • – Membangun intuisi