Maret 2, 2024

Indonesia merupakan negara kepulauan yang penuh dengan kekayaan serta keragaman budaya, ras, suku bangsa, kepercayaan, agama, bahasa daerah, dan masih banyak lainnya. Meskipun penuh dengan keragaman budaya, Indonesia tetap satu sesuai dengan semboyan nya, Bhineka Tunggal Ika yang artinya “Meskipun berbeda-beda tetapi tetap satu jua“. Perbedaan agama yang ada di Indonesia adalah kekayaan dan keindahan bangsa indonesia.

Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan bangsa kita yang mengungkapkan persatuan dan kesatuan yang berasal dari keanekaragaman. Walaupun kita terdiri atas berbagai agama atau kepercayaan yang beranekaragam, namun kita tetap satu bangsa Indonesia, memiliki bahasa dan tanah air yang sama, yaitu bahasa Indonesia dan tanah air Indonesia. Begitu juga bendera kebangsaan merah putih sebagai lambang identitas bangsa dan kita bersatu padu di bawah falsafah dan dasar negara Pancasila.

Kita sebagai bangsa Indonesia harus bersatu padu agar manjadi satu kesatuan yang bulat dan utuh. Untuk dapat bersatu kita harus memiliki pedoman yang dapat menyeragamkan pandangan kita dan tingkah laku kita dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, akan terjadi persamaan langkah dan tingkah laku bangsa Indonesia. Pedoman tersebut adalah Pancasila, kita harus dapat meningkatkan rasa persaudaraan dengan berbagai agama yang ada di Indonesia.

Membiasakan bersahabat dan saling membantu dengan sesama warga yang ada di lingkungan kita, seperti gotong royong akan dapat memudahkan tercapainya persatuan dan kesatuan bangsa. Bangsa Indonesia harus merasa satu, senasib sepenanggungan, sebangsa, dan sehati dalam kekuatan wilayah nasional dengan segala isi dan kekayaannya merupakan satu kesatuan wilayah.

Biarkan agama beda, tapi persahabatan harus jalan terus. Bisa nggak? Ya, harus bisa dong! Itu gampang kok. Asalkan kita mau menerima perbedaan dan positive thinking. Kebanyakan orang yang tidak mau berdampingan dengan orang yang “berbeda”, salah satu sebabnya itu adalah rasa kekhawatiran dan pikiran negatif yang belum tentu benar. Padahal, kalau kita mau membuka pintu untuk mereka, dengan sikap yang baik, mereka juga akan welcome.

Banner Semua Agama Mengajarkan Kebaikan

Dengan kita bertoleran, kita jadi bisa lebih banyak wawasan. Bahkan kitapun bisa kerja sama dengan mereka yang berbeda. Baik itu dalam berkarya dan lain sebagainya. Sama atau beda, tetap bisa bergandengan. Dan kita harus saling tolong-menolong dan bergotong-royong. Kalau mau berbuat baik, tentu tidak mesti dengan sesama terus. Dengan saudara kita yang berbeda pun kita harus berbuat baik dan bersikap baik.

Berbuat baik itu tidak mesti milih-milih orang. Mau yang berkulit putih atau hitam, agamanya Buddha, Hindu, Islam, Katolik atau Kristen, atau dengan yang tidak punya agama sekalipun, sama saja. Dengan kita mau bertoleransi, secara tidak langsung, kita sudah membuka pintu kedamaian buat dunia ini. Satu sama lain bisa saling menghargai, menghormati, dan saling melindungi.

Semoga kita bisa hidup rukun dan saling menyayangi antar sesama, maupun yang berbeda. Karena rukun beragama adalah gaya hidup yang hebat. Dan harus kita tau, dalam damai itu ada masa depan. Dengan damai kita bisa melakukan segala progres dengan baik.