Maret 2, 2024

Pengalaman Bu Mutia sebagai orang tua dalam mensimulasi anak-anaknya dengan cara senam yang diiringi musik & metode-metode sederhana saat anaknya masih dalam usia golden age mengawali inspirasi Parenting di Sekolah Insan Teratai. Kecerdasan anak saat usia Golden Age (0 – 5 tahun) sangatlah penting, oleh karena itu, saya sudah 4 tahun tidak menonton tv karena ingin menyisihkan waktu buat anak-anak, ucap Bu Mutia. Peserta dalam workshop adalah para orang tua murid Insan Teratai yang hadir sekitar ±150 orang.


Sebelum memulai workshop Bu mutia menjelaskan tentang kecerdasan majemuk (Multiple Intelligence) kepada orang tua. Hal ini sebagai bekal buat orang tua agar tidak memaksakan kehendak atau menuntut kepada anak karena setiap anak memiliki kecerdasan yang berbeda-beda.

Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) terbagi atas :
1. Kecerdasan Verbal (Bahasa)
Kemampuan seseorang di bidang bahasa dan segala yang terkait dengan bahasa, semisal membaca, menulis, berbica, berdebat, menyampaikan pikirannya dengan jelas lewat percakapan maupun tulisan.
2. Kecerdasan Matematika (Logika)
Seseorang yang cerdas matematika logika biasanya menyukai angka sedari kecil dan sangat menikmati saat-saat mereka harus berhitung. Mereka menyukai penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian, belajar konsep waktu dan yang lainnya yang berhubungan dengan angka.
3. Kecerdasan Visual Spasial (Imajinasi)
Sangat menikmati bermain dengan puzzle, senang meluangkan waktu luang dengan mewarnai, menggambar dan melukis, bermain warna, senang dengan permainan entah itu dengan lego/bentuk bangunan ataupun dengan lilin, bermain peran entah dengan temannya ataupun dengan teman imajinasinya.
4. Kecerdaan Musik
Memiliki suatu kepekaan terhadap irama dan melodi, mampu mengapresiasikannya melalui penyusunan bunyi dan kata-kata.
5. Kecerdasan Interpersonal (Cerdas Bergaul)
Kemampuan anak untuk berhubungan atau bergaul dengan orang lain.
6. Kecerdasan Intrapersonal (Cerdas Diri )
Kemampuan kita untuk memahami diri sendiri, untuk mengetahui siapa diri kita dan mengapa kita melakukan suatu hal dan bertanggungjawab atas dirinya sendiri.
7. Kecerdasan Kinestetik (Cerdas Olah Tubuh)
Orang orang dengan kecerdasan ini dengan mudahnya melakukan kegiatan olahraga, atau gerakan tarian.
8. Kecerdasan Natural (Cerdas terhadap alam)
Kecerdasan ini meliputi kemampuan menikmati keberadaan dirinya dengan alam sehingga ia menyenangi aktivitas di alam, menyayangi hewan dan tumbuhan.
9. Kecerdasan Spiritual
Orang orang dengan kecerdasan spiritual tertarik pada kegiatan yang berbau keagamaan, menyenangi aktivitas berdoa, membaca kitab suci dan lain-lain.


Setelah menjelaskan kecerdasan majemuk yang dapat dimiliki anak-anak, Bu Mutia membagi 10 Kelompok yang terdiri dari 15 orang tua per kelompok untuk mengajari simulasi pengajaran cara membuat anak-anak menjadi cerdas dengan berbagai metode yang mudah & sederhana, serta bahan yang murah pula.


Jangan membatasi anak-anak kita dengan kecerdasan tertentu karena banyak sekali kecerdasan yang dapat dikembangkan oleh anak-anak kita di bidang lainnya. Setelah para orang tua mengamati (observasi), memahami, dan mengetahui kelebihan & kekurangan kecerdasan pada anaknya, diharapkan orang tua segera mengambil tindakan (take action) untuk membimbing kecerdasan anak mereka sesuai minat dan bakat masing-masing.