Maret 2, 2024

Hari Ulang Tahun ada suatu momen yang spesial bagi setiap orang. Biasanya, kita merayakan dengan pesta yang penuh dengan hura-hura dengan segala pernak pernik pesta yang meriah dan penuh dengan makanan minuman yang lezat, suasana yang penuh dengan hingar bingar musik serta tawa canda. Tapi tidak dengan anak satu ini , “Stephanie Lee”. Stephanie merayakan ulang tahunnya yang ke-9 dengan berbagi kebahagiaan bersama siswa siswi dari Sekolah Insan Teratai. Stephanie membawa seluruh siswa siswi dan guru-guru untuk berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada tanggal 4 Desember 2012.

Siswa siswi Sekolah Insan Teratai yang sebagian besar berasal dengan latar belakang ekonomi yang kurang, tentu merasa sangat bergembira karena mereka belum pernah berkunjung ke TMII. Walaupun perjalanan lumayan jauh dan beberapa siswa mengalami mabuk dan muntah-muntah karena belum pernah melakukan perjalanan jauh, begitu sampai di TMII wajah mereka langsung berseri-seri hilang sudah rasa pusing, lelah dan capai. Mereka sangat antusias mendapatkan pengalaman baru dengan belajar di Taman Mini Indonesia Indah, salah satu tempat wisata yang cukup terkenal dan merupakan kebanggaan Negara Indonesia.

Siswa siswi mengelilingi semua arena sambil berjalan kaki dan bernyanyi dengan gembira. Memang sangat menyenangkan ketika belajar sambil bermain. Wawasan dan pengetahuan bertambah tanpa terasa karena penuh keceriaan dan sarat akan makna. Para pemandu wisata dengan penuh kesabaran memberikan penjelasan mengenai museum dan anjungan-anjungan daerah yang kami kunjungi. Siswa siswi dengan penuh kepolosan dan malu-malu bertanya dengan rasa kagum dan ingin tahu besar tentang berbagai hal yang mereka lihat.

Kami mengunjungi Museum Ikan Tawar dan Museum Serangga sebagai tempat awal yang kami singgahi. Setelah puas melihat-lihat, kami makan siang di Anjungan Jawa Tengah. Setelah selesai makan siang kami bersiap untuk melanjutkan perjalanan kunjungan kami yaitu ke Anjungan Bali, Papua, Kalimantan Barat dan berakhir di Anjungan Sulawesi Utara. Rasa lelah terlihat di muka siswa siswi tetapi mereka terlihat bahagia. Begitu banyak cerita yang ingin mereka bagi untuk orang tua dan saudara mereka di rumah. Dengan harapan untuk dapat berkunjung lagi ke tempat ini.

Hadiah yang telah diberikan Stephanie dan Keluarga sangatlah bermakna bagi seluruh keluarga besar Sekolah Insan Teratai. Wawasan dan pengetahuan yang didapatkan oleh siswa siswi merupakan pengalaman yang sangat berharga yang mungkin tidak akan pernah terlupakan. Hadiah yang bisa kami berikan buat Stephanie di ulang tahunnya hanyalah untaian doa semoga Stephanie dan Keluarga selalu sehat, penuh kebahagian dan berkelimpahan rezeki. Semoga Stephanie akan semakin pintar, cantik dan baik menjadi anak yang berbhakti serta sukses di masa mendatang.

Field Trip kali ini sangatlah bermanfaat dalam menunjang pembelajaran di Sekolah. Dengan merasakan dan mengalami secara langsung siswa siswi akan terus mengingat betapa indah dan hebatnya Indonesia, Negara Kita Tercinta. Kami sangat berharap dengan mengunjungi TMII ini rasa nasionalisme mereka tumbuh dan berkembang sehingga di masa mendatang mereka menjadi generasi penerus kebanggaan Bangsa Indonesia.