Maret 2, 2024

PENDIDIKAN NILAI-NILAI KEMANUSIAAN TERPADU

Dilaksanakan secara gabungan. Kelas proyek dilaksanakan setiap 1 semester 2 kali dengan memperhatikan minat dan keinginan siswa mengenai hal-hal yang ingin mereka ketahui. Dilaksanakan dengan lintas mata pelajaran disesuaikan dengan keadaan guru dan siswa.

Pembelajaran PNK terpadu dengan kelas proyek untuk anak-anak akan mempercepat proses belajar dengan menggabung banyak mata pelajaran dalam satu kegiatan. Mereka akan belajar banyak hal dari kegiatan, di sisi lain guru dapat memasukkan banyak nilai ke dalam proses belajar. Dalam proses belajar ini siswa dapat melihat banyak hal dari kehidupan dan lingkungan mereka berguna dan penting.

Kegiatan kelas integrasi merupakan integrasi dari beberapa mata pelajaran yang berbeda yang disatukan oleh satu tema yang sama sebagai PNK sebagai bagiannya, seperti tertera pada mindmap di bawah ini.

kelas-integrasi-khusus

Keuntungan belajar kelas integrasi khusus

  1. Pelajar lebih aktif dalam proses pembelajaran.
  2. Pelajar mendapatkan banyak informasi dari lingkungan dan dari kehidupan sehari-hari.
  3. Pelajar dapat mempelajari Nilai-nilai kemanusiaan dari pengalamannya sendiri
  4. Dari satu tema kita dapat mempelajari beberapa mata pelajaran.

Pelaksanaan kelas integrasi diadakan dengan cara:

  1. Tema yang dipilih harus menarik perhatian anak. Hal ini dimungkinkan jika mereka melihat hubungan antara lingkungan dan peran mereka dalam situasi kehidupan.
  2. Membuat peta pikiran (Mind Mapping)
  3. Kegiatan kelompok
  4. Kegiatan:
  • a) Setiap kelas selalu dimulai dengan duduk hening.
  • b) Siswa menelaah apa yang akan dilakukan dalam proyek.
  • c) Siswa menyiapkan semua yang dibutuhkan dalam kegiatan.
  • d) Siswa menjalankan rencana dalam setiap kelompok.
  • e) Siswa mengisi lembar kerja untuk setiap aktivitas.

 

Prinsip pembelajaran PNK terpadu kelas proyek:

  1. Kelima Nilai Kemanusiaan merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Jika satu nilai hilang, semua nilai akan kehilangan makna.
  2. Dalam kehidupan sehari-hari, segala sesuatu saling berkaitan. Karenanya sebuah pengalaman belajar yang baik adalah menggunakan pendekatan terpadu (integrated).
  3. Dalam pendekatan proyek guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memecahkan permasalahan dari berbagai sudut pandang dengan memberikan beragam pengalaman belajar yang saling berkaitan.
  4. Pada pendekatan proyek dalam proses pembelajarannya akan membuka cakrawala lebih luas bagi guru dan siswa sehingga proses belajar menjadi jauh lebih menarik.