Maret 2, 2024

Untuk apa Sekolah insan Teratai menyelenggarkan webinar? Ini pertanyaan sederhana tetapi memiliki muatan makna yang sangat dalam, karena ketika berhadapan dengan dunia pendidikan, maka setiap guru dan para murid ingin maju dalam bidang pendidikan. Untuk bisa mendukung kemajuan sekolah, terutama Insan Teratai maka perlu adanya upaya untuk bisa berdiskusi, berdialog dengan menghadirkan pembicara yang memiliki kompetensi tertentu. Upaya yang dilakukan oleh pihak Yayasan Insan Teratai Sejati untuk menghadirkan para narasumber yang handal, tidak lain adalah memberikan kontribusi untuk menambah wawasan para guru, siswa-siswi dan bahkan memberikan wawasan baru pada orang tua murid dan pemerhati masalah pendidikan.

Jika kita melihat beberapa kali pelaksanaan webinar, narasumber yang dihadirkan juga memiliki kompetensi yang luar biasa. Pada webinar sebelumnya, berbicara tentang bagaimana membaca peluang dalam bisnis daring, sedangkan webinar, pada Sabtu, 10 April 2021, menghadirkan Bapak Hendra Kendro yang memiliki kompetensi dalam bidang komputer dan pembuatan aplikasi. Memang, dalam mempresentasikan materi di saat webinar itu, Bapak Kendro menguraikan pelbagai hal yang terkonteksi dengan hand phone, internet dan laptop. Penggunaan hand phone dan juga laptop yang terkoneksi dengan internet memberikan dampak yang luar biasa dan memudahkan aktivitas manusia saat ini. Ada aplikasi yang disediakan untuk belanja, penggunaan ojek online dan pelbagai fasilitas lain, menghadirkan kemudahan bagi para pengguna.

Ketika berhadapan dengan teknologi saat ini, berarti kita berhadapan dengan sebuah perubahan yang terus terjadi. Perubahan yang terjadi pada hampir setiap saat dengan tujuan utama adalah memudahkan manusia. Kemudahan-kemudahan yang diperoleh saat ini berkat koneksi internet dengan hand phone yang setiap hari dibawa oleh setiap orang. Hp tidak hanya digunakan sebagai basis komunikasi semata-mata tetapi lebih dari itu, memberikan nilai lain, jika digunakan secara cerdas dan menguntungkan.

Webinar memang sangat penting bagi dunia pendidikan karena dengan berbagi ilmu pengetahuan bersama dengan para nara sumber bisa memberikan sebuah cara pandang yang berbeda tetang teknologi dan bagaimana cara mengatasi persoalan-persoalan lain dalam dunia pendidikan. Dengan webinar, juga bisa mengasah kesadaran siswa untuk menentukan peminatan terhadap bidang-bidang yang akan dipilih nanti. Memang, webinar dengan menghadirkan Bapak Kendro sebagai pembicara utama,  memberikan sebuah perkembangan tentang  teknologi namun jauh lebih penting yang harus dipelajari dari Bapak Kendro adalah bagaimana menciptakan sebuah aplikasi. Di balik penuturan yang mengalir itu, tentu terbersit sebuah perjuangan yang luar biasa dari nara sumber untuk tahu tentang seluk-beluk dunia teknologi.

Dari mana kita bisa tahu tentang teknologi? Pertanyaan sederhana ini menjadi penting bahwa mengasah rasa ingin tahu dalam diri masing-masing individu menjadi penting karena hanya dengan membangun “rasa ingin tahu” dalam diri seseorang berarti ada kemudahan bagi terbukanya jalan menuju sebuah kesuksesan hidup. Membangun “rasa ingin tahu” dalam diri setiap orang adalah sebuah cara sederhana untuk bisa memotivasi diri untuk mau belajar tentang banyak hal. Karena belajar itu tidak hanya dibatasi oleh tembok-tembok ruang kelas tetapi melampaui kelas, bahkan melampaui ruang dan waktu. Dengan webinar ini, bisa memberikan spirit baru bagi perkembangan sekolah Insan Teratai. ***(Valery Kopong)